Sabtu, 20 Agustus 2011

Sk and KD Untuk SMA/MA

      Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

      Kelas X, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami  makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari

1.1  Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
1.2          Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi

2.      Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
2.1  Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana  (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2  Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure

      Berbicara

3.      Mengungkapkan makna  dalam percakapan transaksional dan interpersonal  dalam konteks kehidupan sehari-hari

3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji
3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi


4        Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana  dalam konteks kehidupan sehari-hari
4.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
4.2  Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure











      Membaca
5        Memahami makna teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

5.1  Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
5.2  Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

      Menulis

6.      Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari


6.1  Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
6.2  Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure

 


Kelas X, Semester 2

 




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

      Mendengarkan
7        Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari











7.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:  berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat

7.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan  

8        Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative, descriptive, dan news item  sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
8.2  Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk; narrative, descriptive, dan news item


      Berbicara  
9        Mengungkapkan makna   dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari


9.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat

9.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan



 


10. Mengungkapkan makna   dalam teks fungsional pendek dan monolog sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari


10.1          Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
10.2       Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item

      Membaca
11    Memahami makna teks fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk  narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan



11.1          Merespon makna  dalam teks fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
11.2          Merespon makna dan langkah-langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item


      Menulis
12    Mengungkapkan makna   dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk   narrative, descriptive dan news item   dalam konteks kehidupan sehari-hari


12.1           Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek  (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari
12.2          Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk narrative, descriptive, dan news item


 

PROGRAM IPA, IPS & BAHASA


Kelas XI, Semester 1


Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
     
      Mendengarkan
1.      Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks  kehidupan sehari-hari


1.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas
1.2  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar, dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks  kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutu: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure

2        Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  reports, narrative, dan analytical  exposition dalam konteks  kehidupan sehari-hari
2.1  Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
2.2  Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition

     
      Berbicara
3.      Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari















3.1  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menyampaikan pendapat, meminta pendapat, menyatakan puas, dan menyatakan tidak puas

3.2  Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menasehati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan perasaan relief, pain, dan pleasure

4.      Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

            Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek  resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
            Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan  menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition
     
      Membaca
5.      Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk report, narrative dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan


            Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition 

    
      Menulis
6.      Mengungkapkan makna dalam teks esei berbentuk  report, narrative, dan analytical exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari



            Mengungkapkan makna dalam bentuk teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam  esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: report, narrative, dan analytical exposition 




Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
7.      Memahami makna dalam  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari















            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih

            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel

8.      Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari 


            Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Merespon makna dalam teks  monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition

      
      Berbicara
9.      Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari


            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: menyatakan sikap terhadap sesuatu, menyatakan perasaan cinta, dan menyatakan perasaan sedih

            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan perasaan malu, menyatakan perasaan marah, dan menyatakan perasaan jengkel


10.  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk  narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari 







                     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Mengungkapkan makna dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk: narrative, spoof, dan hortatory exposition
         
       Membaca
11.  Memahami makna teks fungsional pendek dan esei berbentuk   narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

                Merespon makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
            Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk   narrative, spoof, dan hortatory exposition

       Menulis
12.  Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan esei berbentuk narrative, spoof  dan hortatory exposition dalam konteks kehidupan sehari-hari

                     Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  (misalnya banner, poster, pamphlet, dll.) resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dalam teks berbentuk:  narrative, spoof, dan hortatory exposition

 

PROGRAM IPA, IPS & BAHASA


Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari















            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan  menyatakan berbagai sikap


2.      Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari 

            Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion

      Berbicara
3.      Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari















            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah

            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap

4.      Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari 

            Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion

     
      Membaca
5.      Memahami makna teks fungsional pendek dan  teks tulis esei berbentuk   narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan


            Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
            Merespon makna dan langkah retorika dalam esei yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion




Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Menulis
6.      Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 

            Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion





Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

      Mendengarkan
7.      Memahami makna  dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari













            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah

            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian

8.      Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review  dalam konteks kehidupan sehari-hari

            Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
            Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review

      Berbicara
9.      Mengungkapkan makna  dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
















            Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah


            Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian

10.  Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


          Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
          Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review

       Membaca
11.  Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk   narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

          Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
          Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review

      Menulis
12.  Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review  dalam konteks kehidupan sehari-hari

            Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review


TAMBAHAN UNTUK PROGRAM BAHASA


Kelas XI, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami makna yang terdapat dalam public speaking sederhana



            Merespon makna yang diungkapkan oleh Master of Ceremony

            Merespon makna yang diungkapkan oleh Show Presenter (Host) dan News Reader

      Berbicara
2.      Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking sederhana



            Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking  sederhana sebagai Master of Ceremony

            Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking  sederhana sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader

      Membaca
3.      Memahami naskah dalam konteks public speaking sederhana



            Membaca naskah public speaking  sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan yang tepat sebagai Master of Ceremony

            Membaca naskah public speaking  sederhana dengan nyaring dan dengan pelafalan yang tepat sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader

      Menulis
4.      Mengungkapkan makna dalam konteks persiapan public speaking sederhana

            Menulis  naskah public speaking  sederhana sebagai Master of Ceremony

            Menulis  naskah public speaking  sederhana sebagai Show Presenter (Host) dan News Reader



Kelas XI, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified)




            Merespon makna dalam karya sastra lisan, seperti lagu berbahasa inggris dan puisi kontemporer

            Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan, seperti film dan drama kontemporer

      Berbicara
2.      Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan disederhanakan (simplified)

            Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer

            Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer

      Membaca
3.      Memahami karya sastra yang populer dan disederhanakan (simplified)

            Merespon makna dalam dalam karya sastra, seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer

            Merespon makna dalam dalam karya sastra, seperti cerita pendek

      Menulis
4.      Mengungkapkan kembali karya sastra lisan yang populer dan        disederhanakan (simplified)

            Menulis cerita dalam bentuk esei tentang lirik lagu yang didengarnya

            Mengungkapkan kembali cerita berbahasa Inggris yang disederhanakan (simplified) ke dalam bentuk tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar waktu dan tempatnya


Kelas XII, Semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami makna yang terdapat dalam public speaking dalam konteks akademik


1.1  Merespon makna yang diungkapkan dalam pidato

1.2  Merespon makna yang diungkapkan dalam debat dan presentasi


      Berbicara
2.      Mengungkapkan makna dalam  public speaking dalam konteks akademik

2.1  Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking  seperti pidato

2.2  Mengungkapkan makna dalam konteks public speaking  seperti debat dan presentasi


      Membaca
3.      Memahami naskah  public speaking dalam konteks akademik

3.1  Memahami naskah  public speaking dalam konteks akademik seperti pidato

3.2  Memahami naskah  public speaking dalam konteks akademik seperti debat  dan presentasi

      Menulis
4.      Mengungkapkan makna dalam naskah persiapan public speaking dalam konteks akademik

4.1  Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti pidato

4.2  Menulis naskah public speaking sederhana dalam konteks akademik seperti debat dan presentasi




Kelas XII, Semester 2

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
      Mendengarkan
1.      Memahami karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana 


1.1  Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer

1.2  Memahami dan merespon makna dalam karya sastra lisan seperti film  dan drama kontemporer

      Berbicara
2.      Mengungkapkan karya sastra lisan yang populer dan otentik sederhana 



2.1  Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti lagu berbahasa Inggris dan puisi kontemporer

2.2  Membawakan karya sastra lisan sederhana seperti film dan drama kontemporer

      Membaca
3.      Memahami karya sastra yang populer dan otentik sederhana 

3.1  Membaca pidato tokoh-tokoh terkenal

3.2  Memahami makna dalam lagu berbahasa Inggris, novel, dan ceritera pendek


      Menulis
4.      Mengungkapkan kembali karya sastra yang populer dan otentik sederhana  secara tertulis
.
4.1  Menulis esei tentang lirik lagu dan puisi kontemporer

4.2  Mengungkapkan kembali cerita berbahasa Inggris yang populer dan otentik sederhana ke dalam bentuk tulisan lain dengan atau tanpa mengubah konteks latar waktu dan tempatnya