Jumat, 13 Mei 2011

Mamfaat Sistim Informasi Manajemen (SIM) dalam Pendidikan

1.       
1.      Lebih Aman, contoh: Penyimpanan dan Pengelolaan data sekolah seperti Database siswa, database guru, administrasi pengelolaan serta data sekolah lainnya yang telah dimasukkan kedalam computer sebagai media penyimpanan akan menjadi lebih aman untuk jangka waktu yang tak terhingga tergantung kepada kebutuhan dan mamfaat yang data tersebut dan dapat diakses diwaktu kapanpun oleh Pengguna yang punya akses ke data tersebut serta menghindari hilang atau manipulasi data dari pihak lain yang tidak bertanggung jawab.
2.      Layanan Lebih Baik, Contoh: Guru yang memiliki kemampuan ICT yang baik akan mampu melaksanakan proses pembelajaran yang lebih menarik dan memotivasi siswa dan menghindari kebosanan dalam pembelajaran karena pada dasarnya jika pelayanan yang diberikan oleh seorang pengajar akan mempengaruhi motivasi dan kreativitas siswa dalam belajar yang pad akhirnya akan mendapatkan hasil yang lebih baik .
3.      Kompetitif; contoh: sebuah lembaga pendidikan akan memiliki nilai persaingan yang lebih baik dikalangan lembaga pendidikan dan menambah daya saing dalam menciptakan lulusan yang berorientasi pada ICT serta akan mudah menciptakan lulusan yang berkualitas.
4.      Tingkat Kesalahan Kecil, contoh: Dalam proses pembuatan data siswa yang berbasis computer, dengan penggunaan dari system teknologi informasi ini akan mengurangi nilai yang tidak valid dari data siswa yang dimasukkan karena indicator atau criteria data siswa yang telah ditentukan akan dengan sendirinya disesuaikan dengan input data yang diinginkan dalam computer sehingga tingkat kesalahan dari data yang dimasukkan akan  lebih sedikit bahkan tidak ada sama sekali.
5.      Lebih Akurat; Contoh: Dalam Pemberian dan proses Nilai siswa dengan menggunakan Alat ICT  akan menghasilkan nilai akhir yang sangat akurat dikarenakan indicator atau criteria serta persentasi nilai telah dirumuskan sebelumnya dan dihitung berdasarkan persentasi yang inginkan yang pada akhirnya akan menghasilkan data yang sangat akurat.
  
2.   Definisi system Informasi ditinjau dari sisi social dan teknologi adalah :
Sistem informasi ditinjau dari sisi sosial adalah sebagai suatu sistem atau cara di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan yang lainnya terhadap kejadian-kejaddian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.
Sistem informasi ditinjau dari sisi teknologi adalah alat yang berupa aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi: operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data

3.      Penjelasan dari fungsi teknologi;
1.      Sensing Teknology adalah suatu alat dalam teknologi informasi yang berfungsi untuk mengumpulkan dan mendapatkan data dari lingkungan atau data mentah yang kemudian diubah kedalam bentuk data berdasarkan  bentuk format data yang dapat dibaca oleh computer sebagai data berbentuk file.
Contoh;
a.       Digital sensor; Suatu alat yang memiliki kemampuan untk dapat mendeteksi  suatu benda dimana benda tersebut telah ada datanya dalam computer dengan format criteria dan jenis data yang telah diprogram sebelumnya.
  2.      Teknologi Komunikasi adalah teknologi yang dipergunakan untuk  mengkomunikasi informasi dimana informasi tersebut merupakan gabungan dari teknologi sensing dan teknologi display.
Contoh:
1.      LAN, yaitu jaringan computer yang saling berhubung satu sama lain pada suatu server yang sama dan dapat berbagi data dalam satu jaringan namun dapat berbagi ke jaringan yang lebih luas jika dihubungkan ke jaringan internet melalui modem

3.      Teknologi Analyzing; yaitu suatu teknologi yang berfungsi untuk mengolah atau memproses suatu data berdasarkan perintah program yang dibuat yang dapat berupa Sofware aau program computer atau micro computer.
Contoh;
1.      Software computer: yaitu suatu perangkat lunak yang berisi berbagai jenis program pengolahan data yang dapat dipergunakan untuk melakukan suatu jenis pekerjaan tertentu berdasarkan program computer yang dibuat yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

4.      Teknologi Display; Yaitu gabungan Perangkat keras (hardware) atau perangkat lunak (software) yang dapat membuat data yang telah diolah dapat dilihat menurut indra penglihatan (mata) maupun indra pendengaran (telinga) yang pada akhirnya dapat dianalisis ulang untuk mendapatkan data yang lebih valid.
Contoh:
1.      Touch Screen; Yaitu suatu perangkat keras yang menggunakan teknologi layar sentuh yang lebih cangggih dimana fungsi keyboard sebagai input data dapat langsung diketik melalui layar yang sudah dilengkapi dengan teknologi tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar